PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD ISLAM MUTIARA ISLAM AL ITTIBA’ SANGATTA UTARA

Khoirunnisa, Mufliha (2024) PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD ISLAM MUTIARA ISLAM AL ITTIBA’ SANGATTA UTARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

[thumbnail of abstrak] Text (abstrak)
SKRIPSI MUFLIHA KHOIRUNNISA-3.pdf - Published Version

Download (173kB)
[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
SKRIPSI MUFLIHA KHOIRUNNISA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Full Skripsi] Text (Full Skripsi)
SKRIPSI MUFLIHA KHOIRUNNISA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Mufliha Khoirunnisa. NIM 20.1.12.015. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) Kurikulum Merdeka Terhadap Kualitas Pembelajaran di SD Islam Mutiara Islam Al Ittiba’ Sangatta Utara. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAI Sangatta Kutai Timur. Dibimbing oleh Faelasup, M.Pd.I selaku Pembimbing I dan Jumrianah, M.Pd.I selaku Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) Kurikulum Merdeka Terhadap Kualitas Pembelajaran di SD Islam Mutiara Islam Al Ittiba’ Sangatta Utara.

Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kuatitatif. Pendekatan ini menggunakan teknik pengumpulan data yang saling melengkapi satu sama lainnya, yaitu teknik angket untuk mendaptkan data penelitian dengan cara penskoran dari rsponden, kemudian teknik observasi unruk mengamati secara langsung kegiatan yang berlangsung di SD Islam Mutiara Islam Al Ittiba’ Sangatta Utara, lalu teknik dokumentasi untuk mendaptkan beberapa data pendukung yang juga diperlukan dalam penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah 33 responden yang merupakan peserta kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) Kurikulum Merdeka di SD Islam Mutiara Islam Al Ittiba’. Selanjutnya untuk menganalisis data tersebut, maka peneliti menggunakan rumus regresi linier sederhana.

Dari hasil perhitungan dengan mengguanakan rumus di atas, maka Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) Kurikulum Merdeka di peroleh nilai R = 0,550 dengan interpretasi 0,400 – 0,599 yang berarti korelasinya berpengaruh sedang atau cukup sehingga bentuk persamaan regresinya yaitu Y = 31.111 + 0,485X, persamaan regresi tersebut digunakan untuk melakukan prediksi seberapa besar pengaruh pendidikan dan pelatiha (DIKLAT) terhadap kualitas pembelajaran di SD Islam Mutiara Islam Al Ittiba’ Sangatta Utara. Dengan demikian pengaruh pendidikan dan pelatiha (DIKLAT) terhadap kualitas pembelajaran di SD Islam Mutiara Islam Al Ittiba’ Sangatta Utara. Setelah dihitung nilai koefisien determinasinya sebesar 30,0%. Hal ini berarti variable Pendidikan dan pelatihan (DIKLAT) kurikulum merdeka memberikan sumbangsi cukup efektif terhadap kualitas pembelajaran sebesar 30,0% sedangkan sisahnya 69,7% di pengaruhi oleh faktor lain seperti siswa rajin belajar serta dukungan dari orang tua.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT), Kurikulum Merdeka, Kualitas Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam > L Education (General)
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 22 Dec 2024 20:00
Last Modified: 22 Dec 2024 20:00
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item
View Item