PENGARUH PEMBELAJARAN MICRO TEACHING TERHADAP KESIAPAN DIRI MELAKSANAKAN PPL MAHASISWA PRODI PAI SEKOLAH TINGGI (STAI) SANGATTA

Sabiila, Muhammad Zulfa Azka (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN MICRO TEACHING TERHADAP KESIAPAN DIRI MELAKSANAKAN PPL MAHASISWA PRODI PAI SEKOLAH TINGGI (STAI) SANGATTA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Skripsi M. Zulfa Azka Sabiila-3.pdf - Published Version

Download (135kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN] Text (PENDAHULUAN)
Skripsi M. Zulfa Azka Sabiila.pdf - Published Version

Download (934kB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI] Text (FULL SKRIPSI)
Skripsi M. Zulfa Azka Sabiila.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Zulfa Azka Sabiila. 19.1.11.063. Pengaruh Pembelajaran Micro Teaching Terhadap Kesiapan Diri Melaksanakan PPL Mahasiswa Prodi PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta (STAI) Sangatta. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta. Skripsi ini dibawah bimbingan Ramdanil Mubarok, M.M selaku Dosen Pembimbing I dan Muhammad Ibnu Faruq Anwar, M. Pd selaku Dosen Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran Micro Teaching terhadap kesiapan diri melaksanakan PPL Mahasiswa prodi PAI Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta.

Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif dengan Jenis Penelitian Field Research. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa prodi PAI di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta yang berjumlah 40 mahasiswa. Adapun penelitian ini termasuk dalam penelitian populasi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik angket/kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan rumus regresi linear sederhana, namun sebelumnya telah dilakukan uji validitas data dan uji reliabilitas data pada program SPSS.

Hasil Uji Regresi Linear Sederhana pada penelitian ini diperoleh nilai constant (a) sebesar 12.030 yang mengandung arti bahwa nilai konsisten variabel Pembelajaran Micro Teaching adalah sebesar 12.030, dan kesiapan diri melaksanakan PPL (b/ koefisien regresi) sebesar 0.780 yang menyatakan bahwa penambahan 1% Pembelajaran Micro Teaching, maka nilai kesiapan diri melaksanakan PPL bertambah 0,780, maka dapat ditulis persamaan Regresi Linear Sederhana Y= 12.030 + 0.780 X. Uji Hipotesis diperoleh signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Nilai Kofisien korelasi sebesar 0,636 yang berada di antara 0,600 – 0,799 yang berarti pengaruhnya kuat atau tinggi dan nilai R Square sebesar 0,404, yang berarti penelitian ini memiliki pengaruh positif sebesar 40,4%. Berdasarkan hasil di atas, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pada Pembelajaran Micro Teaching terhadap Kesiapan Diri Melaksanakan PPL Mahasiswa Prodi PAI Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta sebesar 40,4% dan 59,6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Micro Teaching, Kesiapan Diri, PPL
Subjects: Pendidikan Agama Islam > LC Special aspects of education
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:30
Last Modified: 16 Oct 2024 02:30
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/30

Actions (login required)

View Item
View Item