PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA SMP ISLAM DARUD DA’WAH WAL-IRSYAD (DDI) SANGATTA UTARA

Hussaein, Hussaein (2023) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA SMP ISLAM DARUD DA’WAH WAL-IRSYAD (DDI) SANGATTA UTARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

[thumbnail of abstrak] Text (abstrak)
Hussaein full-3.pdf - Published Version

Download (418kB)
[thumbnail of pendahuluan] Text (pendahuluan)
Hussaein full.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of full skripsi] Text (full skripsi)
Hussaein full.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Hussaein, 19.1.11.010, 2023. Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Pembentukan Kepribadian Muslim Siswa SMP Islam Darud Da’wah Wal-Irsyad (DDI) Sangatta Utara. Skripsi, Tarbiyah, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangat Kutai Timur. Dibawah bimbingan H. Abdurrahim Yunus, DEA selaku Dosen Pembimbing I dan H. Muhammad Imam Syafi’I, M.Pd selaku Dosen Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Seberapa Besar Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Pembentukan Kepribadian Muslim Siswa SMP Islam DDI Sangatta Utara.

Penelitian ini termasuk penelitian (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang saling melengkapi satu sama lainnya, yaitu teknik observasi untuk mengamati secara langsung kegiatan yang berlangsung di sekolah, kemudian teknik angket untuk mendapatkan data penelitian dengan cara pengskoran dari responden, selanjutnya teknik wawancara yang dilakukan dengan cara mengintrogasi siswa yang akan mengisi kuisioner angket agar tidak terjadi kesalahan dalam mengisi, lalu teknik dokumentasi untuk mendapatkan beberapa data pendukung yang juga diperlukan dalam penelitian ini.

Populasi dalam penelitian ini adalah 45 responden yang merupakan siswa SMP Islam DDI Sangatta Utara. Selanjutnya untuk menganalisa data tersebut, maka peneliti menggunakan rumus regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus di atas maka dengan Pendidikan Agama Islam sebagai variabel bebas atau independen dan kepribadian muslim sebagai variabel terikat atau dependen.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, hasil pengujian hipotesis Pendidikan Agama Islam menunjukkan nilai t hitung sebesar 5,459 atau positif dengan taraf signifikan 0,000. Maka t hitung > t tabel (5,459 > 1,681) dan taraf signifikan kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha, artinya ada pengaruh yang signifikan antara Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan kepribadian muslim siswa, pendidikan agama Islam diperoleh nilai R = 0,632 dengan interprestasi 0,600 – 0,799 yang berarti korelasinya berpengaruh kuat sehingga bentuk persamaan regresinya Y’ = 13.960 + 0,650X, persamaan regeresi tersebut digunakann untuk melakukan prediksi seberapa besar pengaruh pendidikan agama Islam terhadap pembentukan kepribadian muslim siswa SMP Islam DDI Sangatta Utara. Setelah dihitung nilai koefisien determinannya sebesar 39,9% sedangkan Sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun berdasarkan observasi peneliti pengaruh faktor lain seperti kecerdasan emosi dan pendidikan orang tua yang dapat mempengaruhi kepribadian muslim siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pendidikan Agama Islam, Kepribadian Muslim
Subjects: Pendidikan Agama Islam > LC Special aspects of education
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 06 Feb 2025 05:41
Last Modified: 06 Feb 2025 05:41
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item
View Item