IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 001 SANGATTA UTARA

Fitri, Andi Nurul (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 001 SANGATTA UTARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

[thumbnail of abstrak] Text (abstrak)
Skripsi Andi Nurul Fitri (PGMI) 19.1.13.012-2.pdf - Published Version

Download (176kB)
[thumbnail of pendahuluan] Text (pendahuluan)
Skripsi Andi Nurul Fitri (PGMI) 19.1.13.012.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of full skripsi] Text (full skripsi)
Skripsi Andi Nurul Fitri (PGMI) 19.1.13.012.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Andi Nurul Fitri, NIM. 19.1.13.012. Implementasi Metode Pembelajaran Eksperimen Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 001 Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur Tahun 2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta. Penelitian ini di bawah bimbingan Bapak Mahfud Ifendi, M. Pd.I sebagai pembimbing I dan Ibu Jumrianah, M. Pd. I sebagai pembibimbing ke II.

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 001 Sangatta Utara, (2) Untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan metode pembelajaran eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 001 Sangatta Utara, (3) Untuk mengetahui solusi pada kendala dalam menerapkan metode pembelajaran eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 001 Sangatta Utara.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya adalah menggunakan teknik analisis data Matthew Milles and Michael Hberman yaitu kondensasi data, penyajian data, Penggambaran dan Penarikan Kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas V di SDN 001 Sangatta Utara, Karena didalam metode pembelajaran ini siswa dapat melaksanakan pembelajaran dengan cara meraba dan melihatnya secara langsung. Dengan demikian peneliti dapat menyimpulkan bahwa implementasi atau penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meliputi pelaksanaanya sesuai langkahlangkah pembelajaran yang sudah tercantum di RPP yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan metode pembelajaran eksperimen ini di lakukan seacara individu/kelompok. Kegiatan berkelompok melalui tahapan identifikasi siswa, maksudnya siswa di bentuk dalam satu kelompok dengan kemampuan yang berbeda-beda agar siswa yang memiliki kemampuan lebih serta dapat membantu temannya. Namun terdapat kendala-kendala yang di hadapi guru dalam penerapan implementasi metode eksperimen pada mata pelajaran IPA antara lain : beberapa siswa yang masih lambat merespon jika di beri instruksi kepada guru. Sehingga sebagai seorang guru harus memiliki cara dalam mengatasi kendala-kendala yang menjadi faktor penghambatnya yaitu guru harus lebih tekun dan mencari tau faktor penyebabnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Eksperimen Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 06 Feb 2025 05:34
Last Modified: 06 Feb 2025 05:34
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/159

Actions (login required)

View Item
View Item