PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI D PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 001 SANGATTA UTARA

Ramadhani, Waliyyan Aziza (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI D PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 001 SANGATTA UTARA. UNSPECIFIED. (Unpublished)

[thumbnail of abstrak] Text (abstrak)
Waliyyan Aziza Ramadhani-3.pdf - Published Version

Download (28kB)
[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
Waliyyan Aziza Ramadhani (1).pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Full SKRIPSI] Text (Full SKRIPSI)
Waliyyan Aziza Ramadhani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Waliyyan Aziza Ramadhani. NIM 20.1.13.010. Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI D Pada Pelajaran Matematika di SD Negeri 001 Sangatta Utara. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta Kutai Timur. Dibimbing oleh Faelasup, M. Pd. I selaku Pembimbing I dan Jumriana, M. Pd. I selaku Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas VI D pada pelajaran Matematika di SD Negeri 001 Sangatta Utara.

Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik angket, observasi, dan dokumentasi.

Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa-siswi kelas VI D yang berjumlah 29 responden. Data dianalisis menggunakan rumus regresi linear sederhana.

Dari hasil perhitungan yang ditemukan, menghasilkan pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,6445 dengan kategori interval diantara 0,600-0,799 yang berarti memiliki pengaruh kuat atau tinggi sehingga dapat membentuk persamaan regresi Y= 2,32571+0,877X. Hasil hipotesis dengan menggunakan uji T yang diperoleh nilai Thitung sebesar 4,382. Dengan tingkat signifikansi 5% yaitu Ttabel sebesar 2,051. Karena hasil perbandingan menunjukkan Thitung > Ttabel dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel Model Pembelajaran Tutor Sebaya (X) terhadap variabel Hasil Belajar Siswa (Y). Dengan demikian pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI D Pada Pelajaran Matematika di SD Negeri 001 Sangatta Utara bernilai positif dengan koefisien determinan sebesar 41,53% sedangkan sisanya 58,47% dipengaruhi oleh faktor siswa yang rajin belajar dan pertolongan dari orang tua.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Tutor Sebaya, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 24 Dec 2024 03:02
Last Modified: 02 Jan 2025 01:38
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item
View Item