STRATEGI YAYASAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IMAN KABO JAYA

Sartini, Sartini (2024) STRATEGI YAYASAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IMAN KABO JAYA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

[thumbnail of abstrak] Text (abstrak)
FIX SKRIPSI SARTINI(1)-3.pdf - Published Version

Download (55kB)
[thumbnail of pendahuluan] Text (pendahuluan)
FIX SKRIPSI SARTINI(1).pdf

Download (507kB)
[thumbnail of full skripsi] Text (full skripsi)
FIX SKRIPSI SARTINI(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sartini, NIM 20.1.12.014. Strategi Yayasan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Kabo Jaya. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, STAI Sangatta Kutai Timur. Dibimbing oleh Bapak H. Abdurrahim Yunus, DEA. selaku pembimbing I dan Bapak Iswanto M.Pd. selaku pembimbing II.

Strategi yayasan pendidikan sangat dibutuhkan untuk kemajuan dan keberhasilan sebuah lembaga Pendidikan yang mempunyai mutu disetiap madrasah itu sendiri. Khususnya madrasah swasta keagamaan. Untuk itu peneliti mengambil judul Stategi Yayasan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Kabo Jaya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Stategi Yayasan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Kabo Jaya. Mutu Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pendidikan dan menjadi tolak ukur lembaga dalam mensukseskan atau menjadikan anak-anak yang bisa berguna untuk masa depan bangsa. Untuk itu yayasan mempunyai strategi dalam peningkatan mutu Pendidikan yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Kabo Jaya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi informan adalah ketua yayasan, kepala madrasah, dan juga wali kelas 1. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini diantaranya adalah: (1) Siswa-siswi mampu menghafal surat-surat pendek juz 30, Siswa-siswi mampu menguasai teknik dasar pembelajaran teknologi computer, siswa-siswi mampu memahami sistem pengajaran Al-Quran menggunakan metode tilawati, dan kegiatan ekstrakulikuler pramuka. (2) Menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat, meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran, meningkatakan kopetensi guru sebagai tenaga pengajar dengan cara mengikuti pelatihan dan workshop. (3) Adapun faktor yang menjadi pendukung dalam melakukan peningkatan mutu pendidikan diantaranya yang bersal dari internal yaitu dukungan dari para pegurus yayasan dan juga dari kepala madrasah, tenaga pengajar yang saling bekerja sama dalam meningkatkan mutu pendidikan, faktor eksternalnya antara lain dukungan dari masyarakat dan juga wali siswa yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Kabo Jaya. Sedangkan faktor yang menjadi pengahambat peningkatan mutu yaitu masih kurangnya pendanaan untuk melengkapi sarana dan prasarana dan juga adanya sedikit pro kan kontra masyarakat mengenai madrasah Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Kabo Jaya yang belum lama berdiri.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Yayasan, Mutu Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam > LC Special aspects of education
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 22 Dec 2024 19:55
Last Modified: 22 Dec 2024 19:55
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/73

Actions (login required)

View Item
View Item