PENGARUH PEMANFAATAN INFORMATION TECHNOLOGY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 SANGATTA UTARA

Ardiansyah, Teddy (2024) PENGARUH PEMANFAATAN INFORMATION TECHNOLOGY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 SANGATTA UTARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Skripsi Teddy Ardiansyah-2.pdf - Published Version

Download (222kB)
[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
Skripsi Teddy Ardiansyah.pdf - Published Version

Download (807kB)
[thumbnail of Full Skripsi] Text (Full Skripsi)
Skripsi Teddy Ardiansyah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Teddy Ardiansyah, NIM 20.1.11.005. “Pengaruh Pemanfaatan Information Technology Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sangatta Utara”. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI Sangatta Utara Kutai Timur. Dibimbing oleh Eko Nursalim, M.S.I selaku pembimbing I dan Moh. Tauhid, M. Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pemanfaatan Information Technology Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sangatta Utara tahun 2024.
Jenis penelitian survei dengan menggunakan metode korelasional yang merupakan suatu penelitian yang bertujuan mencari hubungan atau pengaruh dari dua variabel atau lebih. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data kuantitatif, yaitu Teknik angket untuk mendapatkan data penelitian dengan cara penskoran dari responden, kemudian teknik observasi untuk mengamati secara langsung kegiatan yang berlangsung di SMA Negeri 1 Sangatta Utara, lalu Teknik dokumentasi untuk mendapatkan beberapa data pendukung yang juga diperlukan dalam penelitian ini. Sampel dalam penelitian ini adalah 66 responden yang merupakan perwakilan dari siswa-siswi kelas XII. Selanjutkan menganalisa data tersebut, maka penelitia menggunakan rumus regresi linier sederhana dan SPSS.
Dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi Pearson’s Product Moment Corellation, maka diperoleh nilai R= 0,628 dengan interprestasi diantara 0,600-0,799 yang berarti korelasinya kuat sehingga bentuk persamaan regresinya yaitu Y=42,03+0,58X, persamaan regresi tersebut digunakan untuk melakukan prediksi seberapa besar Pengaruh Pemanfaatan Information Technology Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sangatta Utara tahun 2024. Dengan demikian terdapat Pengaruh Pemanfaatan Information Technology Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sangatta Utara. Setelah di hitung nilai koefisien determinan sebesar 39% sedangkan sisanya 61% dikarenakan variabel lainnya. Ha yang menyatakan terdapat hubungan positif antara Pemanfaatan Information Technology Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sangatta Utara di terima, sedangkan Ho yang menyatakan tidak ada hubungan antara variabel Pemanfaatan Information Technology Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sangatta Utara di tolak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Information Technology, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 04 Nov 2024 20:42
Last Modified: 04 Nov 2024 20:42
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item
View Item