Rani, Nur Maha (2024) PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 SANGATTA SELATAN. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.
Skripsi Nur Maha Rany-2.pdf - Published Version
Download (396kB)
Skripsi Nur Maha Rany.pdf - Published Version
Download (1MB)
Skripsi Nur Maha Rany.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Nur Maha Rani. 20.1.11.007. Peran Guru Dalam Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Sangatta Selatan. Skripsi. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta. Skripsi ini dibawah bimbingan H. Abdurrahim Yunus, DEA selaku Dosen pembimbing I dan Iswanto, M.Pd selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, peran guru dalam penggunaan media audio visual untuk meningkatkan pengetahuan siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Sangatta Selatan, dan hasil belajar siswa dalam menggunakan media audio visual pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sangatta Selatan
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang mengharuskan terjun ke lapangan, adapun yang menjadi informan yaitu, guru PAI dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model milik Miles dan Huberman melalui tahapan pengumpulan data, kodensasi data, data display dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran guru dalam penggunaan media audio visual di SMA Negeri 1 Sangatta Selatan telah membuktikan peningkatan dalam pembelajaran. Guru sebagai mediator dan fasilitator telah berhasil memanfaatkan media ini untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Hasil belajar siswa dalam menggunakan media audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukan bahwa sebelum pelaksanaan pembelajaran guru harus lebih selektif dalam memilih media yang sesuai dengan materi pembelajaran. Dengan adanya alat bantu media audio visual guru lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa yang ditunjukan dengan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan hasil tersebut dapat dilihat bahwa nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan media audio visual.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam, Media Audio Visual |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | STAI Sangatta |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:05 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:05 |
URI: | http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/41 |