Pratama, Muhammad Yoga (2024) EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN FIQIH DI MTS HUBBUL WATHON SANGATTA SELATAN. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.
Skripsi M. Yoga Saputra (1).pdf - Published Version
Download (47kB)
Skripsi M. Yoga Saputra.pdf - Published Version
Download (1MB)
Skripsi M. Yoga Saputra.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Muhammad Yoga Pratama. NIM, 20.1.11.006. Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Peningkatan Pemahaman Siswa pada Pelajaran Fiqih di Mts Hubbul Wathon Sangatta Selatan. Skripsi, Prodi Pendidikan Agama Islam, jurusan Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta. Skripsi ini di bawah bimbingan Faelasup, M.Pd.I selaku Dosen Pembimbing Lapangan I dan Jumrianah, M.Pd selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui bagaimana Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Peningkatan Pemahaman Siswa pada Pelajaran Fiqih di Mts Hubbul Wathon Sangatta Selatan. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan referensi kepada guru fiqih agar dapat memilih metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran fiqih secara maksimal.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan memahami fenomena yang terjadi dalam konteks tertentu tanpa mencoba untuk memanipulasi variabel-variabel yang ada. Penelitian ini berfokus pada penggambaran detail dan mendalam mengenai situasi, kejadian, atau interaksi sosial. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, waka kurikulum, dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Miles dan Huberman yaitu data condensation, data display, dan data conclusion drawing/verivication.
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran fiqih, terbukti dari kemampuan mereka dalam menjelaskan dan menerapkan materi fiqih. Nilai praktik siswa menunjukkan hasil yang melebihi standar minimal KKM. Metode ini memungkinkan siswa untuk melihat, mendengar, dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, sehingga memberikan pengalaman belajar yang lebih komprehensif dan memuaskan. Melalui demonstrasi, siswa dapat memahami konsep-konsep fiqih dengan lebih mendalam, mempersiapkan mereka untuk menerapkan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, metode demonstrasi merupakan alat yang sangat berharga dalam meningkatkan pemahaman siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran fiqih. Faktor pendukung metode ini adalah kesesuaiannya dengan materi fiqih dan tingginya minat belajar siswa MTs Hubbul Wathon terhadap pendekatan ini. Namun, terdapat kendala seperti beragamnya gaya belajar siswa, persiapan guru yang kurang optimal, dan fasilitas demonstrasi yang tidak memadai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi, Faktor Pendukung dan Penghambat |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | STAI Sangatta |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 02:30 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 02:30 |
URI: | http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/29 |