STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SMA NEGERI 2 SANGATTA UTARA

Mubayanah, Isna Rofiatul (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SMA NEGERI 2 SANGATTA UTARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Skripsi Isna Rofiatul M-4.pdf - Published Version

Download (122kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN] Text (PENDAHULUAN)
Skripsi Isna Rofiatul M (1).pdf - Published Version

Download (925kB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI] Text (FULL SKRIPSI)
Skripsi Isna Rofiatul M.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Isna Rofiatul Mubayanah, Nim 20.1.11.030. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMAN 2 Sangatta Utara. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI Sangatta Kutai Timur. Di bimbing Oleh Faelasup, M.Pd.I selaku pembimbing I dan Jumrianaah M.Pd.I selaku pembimbing II.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan spiritual siswa dan untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMAN 2 Sangatta Utara.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan adapun di mana untuk memproleh data yang akurat maka penulis datang langsung penelitian yakni di SMAN 2 Sangatta Utara dengan pendekatan penelitian yaitu Kualitatif. Adapun metode pengumpulan datanya adalah dengan cara menggunakan teknik (pegumpulan data) observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh, dikumpulkan lalu di olah secara deskriptif kualitatif.

Berdasarkan Hasil penelitian disimpulkan Kecerdasan spiritual anak SMAN 2 Sangatta Utara sudah cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan kesadaran sholat berjamaah, tadarus Qur’an, pembiasan sholat duha, kepedulian antar umat beragama dan lain sebagainya. Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMAN 2 Sangatta Utara yaitu pada strategi khusus dengan menggunakan strategi guru menjadi teladan bagi peserta didik, belajar baca Al-Qur’an bersama peserta didik dan jelaskan maknanya dalam kehidupan kita, dan melibatkan peserta didik dalam kegiatan keagamaan. Dimana strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam telah melakukan beberapa strategi yang dilakukan oleh seorang guru seperti pembiasaan dan ketauladanan. tinggal bagaimana pengaplikasian dari peserta didik dari apa yang telah di terima dari gurunya untuk menanamkan kecerdasan spiritual

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru PAI, Kecerdasan Spiritual
Subjects: Pendidikan Agama Islam > LC Special aspects of education
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:19
Last Modified: 15 Oct 2024 02:19
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/25

Actions (login required)

View Item
View Item