IMPLEMENTASI METODE DRILL AND PRACTICE DALAM MENGHAFAL MUFRADAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NURUL HIKMAH SANGATTA UTARA

Febrianti, Febrianti (2024) IMPLEMENTASI METODE DRILL AND PRACTICE DALAM MENGHAFAL MUFRADAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NURUL HIKMAH SANGATTA UTARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak Febrianti-2.pdf - Published Version

Download (185kB)
[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
BAB I Febrianti.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Full Skripsi] Text (Full Skripsi)
Skripsi Febrianti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Febrianti. NIM 20.1.11.069. Implementasi Metode Drill and Practice dalam Menghafal Mufradat pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Nurul Hikmah Sangatta Utara. Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI Sangatta Kutai Timur. Dibimbing Oleh, H. Abdurrahim Yunus DEA, selaku pembimbing I dan Iswanto, M.Pd selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran drill and practice dalam menghafal mufradat pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Nurul Hikmah Sangatta Utara. Mengetahui bagaimana metode drill and practice diimplementasikan dalam menghafal mufradat pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Nurul Hikmah Sangatta Utara. Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat metode drill and practice dalam menghafal mufradat pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Nurul Hikmah Sangatta Utara. Mengetahui kendala dan solusi saat menggunakan metode drill and practice dalam menghafal mufradat pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Nurul Hikmah Sangatta Utara.

Jenis penelitian ini adalah penelitian yang pelaksanaannya dilakukan di lapangan oleh peneliti atau merujuk langsung pada responden di Madrasah Aliyah Nurul Hikmah Sangatta Utara dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Arab dan siswa kelas X, XI, XII. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik (pengumpulan data) observasi, wawancara, dokumentasi, dan data yang diperoleh diolah secara deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian, siswa kelas X, XI, XII Madrasah Aliyah Nurul Hikmah Sangatta Utara menggunakan metode drill and practice dalam menghafal mufradat pada mata pelajaran bahasa Arab. Metode drill and practice digunakan guru mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Nurul Hikmah dengan cara mengarahkan siswa mengucapkan mufradat secara bersamaan maksimal lima kali pengucapan setiap satu mufradat. Terdapat kelebihan dan kelemahan serta faktor pendukung seperti lingkungan, sarana prasarana, dukungan dari orang tua dan faktor penghambat berupa kurangnya minat belajar dan semangat siswa, belum tersedianya media pembelajaran lengkap seperti proyektor, dan terbatasnya waktu belajar. Adapun solusi dari kendala yang dihadapi yakni menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menarik sehingga peserta didik tidak cepat merasa bosan. Memahami kondisi peserta didik dan memberi dukungan berupa apresiasi serta melengkapi media pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill and Practice, Mufradat, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 14 Oct 2024 14:20
Last Modified: 14 Oct 2024 14:20
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/18

Actions (login required)

View Item
View Item