PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 SANGATTA UTARA

Nasution, Fira Rusdianti (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 SANGATTA UTARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

[thumbnail of abstrak] Text (abstrak)
Fira Rusdianti Nasution_19111020_SKRIPSI final-2.pdf - Published Version

Download (208kB)
[thumbnail of pendahuluan] Text (pendahuluan)
Fira Rusdianti Nasution_19111020_SKRIPSI final.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full skripsi] Text (full skripsi)
Fira Rusdianti Nasution_19111020_SKRIPSI final.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Fira Rusdianti Nasution, 19.1.11.020. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Sangatta Utara. Skripsi. Tarbiyah, Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta. Dibawah bimbingan H. Abdurrahim Yunus, DEA selaku Pembimbing I dan M. Imam Syafii M.Pd. selaku Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Urgensi Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 1 Sangatta Utara, Bagaimana Proses Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 1 Sangatta Utara, dan bagaimana memberikan dampak positif bagi siswa dengan penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian lapangan (field research), dimana untuk memperoleh data yang akurat maka peneliti datang langsung ke lokasi penelitian, yaitu SMK Negeri 1 Sangatta Utara, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dengan teknik deskriptif. Dalam menganalisis data ini, penulis menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian ini yaitu: (1) Urgensi penerapan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMK Negeri 1 Sangatta Utara yaitu untuk mencapai tujuan dari pembelajaran, model pembelajaran discovery learning sangat baik dalam membantu siswa mudah dalam memahami materi pelajaran. (2) Proses penerapan model pembelajaran discovery learning dalam mingkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Sangatta Utara yaitu : Dalam proses penerapan model pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discvoery learning menggunakan RPP sebagai acuannya yang tentunya ada tiga bagian pertama bagian pendahuluan terdiri dari (orientasi, aperpepsi, motivasi, dan pemberian acuan), kedua bagian inti dimana penerapan model discovery learning dimasukan pada bagian ini terdiri dari (stimulasi, problem statement, pertanyaan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengelolaan data, pembuktian dan penarikan kesimpulan). (3) Dampak positif terhadap siswa dari penerapan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu:,Dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk memecahkan masalah, Mendorong keterlibatan keaktifan siswa, dan Model Pembelajaran ini mempersiapkan siswa untuk belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning, Keaktifan, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 06 Feb 2025 05:43
Last Modified: 06 Feb 2025 05:43
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item
View Item