ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 SANGATTA UTARA

Erwin, Erwin (2024) ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 SANGATTA UTARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
abstrak Erwin-2.pdf - Published Version

Download (182kB)
[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
BAB I Erwin.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Full Skripsi] Text (Full Skripsi)
Skripsi Erwin.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Erwin. NIM 20.1.11.009. Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sangatta Utara. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAI Sangatta Kutai Timur. Dibimbingan oleh Dr. Satriah, M.Pd selaku Pembimbing I dan Siti Munfiatik, M.Pd selaku Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan dasar mengajar guru dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, problem keterampilan dasar mengajar dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, dan solusi dalam mengatasi problem keterampilan dasar mengajar guru dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yang langsung dilakukan di lapangan atau pada responden. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari guru mata pelajaran pendidikan agama Islam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model milik Hubermen yaitu data reducation, data condensation, data display, dan conclusion drawing/ verivication. Uji keabsahan data mengunakan teknik Triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan dasar mengajar guru dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Sangatta Utara kurang maksimal guru PAI hanya menerapkan 4 keterampilan dasar mengajar, pertama, keterampilan yang digunakan dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran pendidikan agama Islam keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, ketrampilan menjelaskan dan keterampilan membuka dan menutup pembelajaran. Kedua, problem ketrampilan dasar mengajar guru dalam pengelelolaan kelas pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Sangatta Utara mencakup kurang nya penguasan media pembelajaran oleh guru pendidikan agama Islam, dan kurang maksimalnya dalam pengelolaan kelas dalam metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Ketiga, solusi dalam mengataasi problem keterampilan dasar mengajar guru dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri2 Sangatta Utara diantaranya Guru aktif dalam mengikuti pelatihan kompetensi pembelajaran PAI yang berupa pengembangan media dan aktif dalam mengikuti kegiatan MGMP untuk meningkatkan keterampilandasar mengajar guru dalam pengelolaan kelas di dalam kelas sehingga membuat siswa tertarik mengikuti pelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Dasar Mengajar, Pengelolaan Kelas
Subjects: Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 14 Oct 2024 05:16
Last Modified: 14 Oct 2024 05:38
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/17

Actions (login required)

View Item
View Item