PENGARUH KUALITAS DAN PROMOSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN MADU KELULUT DI KECAMATAN SANGATTA SELATAN

Rusniah, Rusniah (2024) PENGARUH KUALITAS DAN PROMOSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN MADU KELULUT DI KECAMATAN SANGATTA SELATAN. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

[thumbnail of abstrak] Text (abstrak)
Rusniah 20.2.21.004-2.pdf - Published Version

Download (95kB)
[thumbnail of pendahuluan] Text (pendahuluan)
Rusniah 20.2.21.004.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of full skripsi] Text (full skripsi)
Rusniah 20.2.21.004.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Rusniah, NIM 20.2.21.004. Pengaruh Kualitas dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Madu Kelulut di Kecamatan Sangatta Selatan. Skripsi Jurusan Syariah Program Studi Ekonomi Syariah (E.S) Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta. Dibimbing oleh Imrona Hayati, M.Pd selaku pembimbing I dan Miftakhul Rizal M, M.Pd.I selaku pembimbing II.

Produk yang bagus akan lebih aktraktif bagi konsumen bahkan bisa meningkatkan penjualan dengan beberapa aspek yang saling terkait antara lain fungsionalitas, keterandalan, daya tahan, kemampuan pelayanan, keindahan, persepsi kualitas produk, dan fitur tambahan. Selain itu, Promosi mencakup keterlibatan konsumen, konversi, periklanan, promosi penjualan, penjualan perseorangan, hubungan masyarakat dan penjualan langsung. Para peternak madu kelulut perlu menerapkan kedua aspek ini untuk tingkat penjualan madu kelulut. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas dan promosi terhadap tingkat penjualan madu kelulut di Kecamatan Sangatta Selatan.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang saling berkaitan satu sama lainnya, yaitu teknik observasi untuk mengamati secara langsung kegiatan yang berlangsung di lapangan kemudian teknik angket untuk mendapatkan data penelitian dengan cara penskoran dari responden. lalu teknik dokumentasi untuk mendapatkan beberapa data pendukung yang juga diperlukan dalam penelitian ini. populasi dalam penelitian ini adalah 53 responden yang diperoleh dengan menggunakan teknik accidental sampling yaitu yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dan dapat digunakan sebagai sampel. Untuk menganalisis data tersebut, maka peneliti menggunakan rumus regresi linear berganda.

Berdasarkan analisis data didapatkan nilai thitung, variabel kualitas 1,256 (X1) dan variabel promosi 2,160 (X2) lebih besar dari ttabel 2,008, sehingga dapat dikatakan bahwa terjadi pengaruh positif dan signifikan. Nilai fhitung 11,999  ftabel 4,030, sehingga dapat dikatakan bahwa variabel-variabel bebas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat secara statistik. Dari analisis persamaan regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 13,719 + 0,089 (X1) + 0,141 (X2), persamaan regresi tersebut digunakan untuk melakukan prediksi seberapa besar pengaruh kualitas dan promosi terhadap tingkat penjualan madu kelulut di Kecamatan Sangatta Selatan. Berdasarkan analisis koefisien determinnasi R2 = 0,324. Jadi dapat dikatakan bahwa pengaruh variabel kualitas (X1) sebesar 11,34%, promosi (X2) sebesar 21,06%, terdapat tingkat penjualan (Y) didapat sebesar 32,4%, sedangkan 67,6% dipengaruhi variabel lain yang tidak dicantumkan. Berdasarkan persamaan analisis regresi data dalam penelitian ini variabel promosi lebih berpengaruh terhadap tingkat penjualan madu kelulut secara simultan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas madu, Promosi, Tingkat Penjualan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Jurusan Syariah > Ekonomi Islam
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:16
Last Modified: 06 Feb 2025 03:16
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View Item
View Item