FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PELAKU USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PENGAJUAN SERTIFIKASI HALAL DI SANGATTA UTARA

Yulianti, Rani (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PELAKU USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PENGAJUAN SERTIFIKASI HALAL DI SANGATTA UTARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

[thumbnail of abstrak] Text (abstrak)
Rani Yulianti 20.2.21.077-2.pdf - Published Version

Download (43kB)
[thumbnail of pendahuluan] Text (pendahuluan)
Rani Yulianti 20.2.21.077.pdf

Download (756kB)
[thumbnail of full skripsi] Text (full skripsi)
Rani Yulianti 20.2.21.077.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rani Yulianti. NIM 20.2.21.077. Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Dalam Pengajuan Sertifikasi Halal di Sangatta Utara. Skripsi Jurusan Syariah Program Studi Ekomoni Syariah STAI Sangatta Kutai Timur. Dibimbing Oleh Dibimbing Oleh Anjani Putri Belawati P, M.Pd.I selaku pembimbing I dan Ahmad Fahcruddin, M.S.I selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa-apa saja faktor yang mempengaruhi keputusan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sangatta Utara dalam mengajukan sertifikasi halal.

Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data dilakukan pengolahan data yang bersumber dari lapangan yaitu para pelaku umkm yang berada di Sangatta Utara Kecamatan Sangatta Utara. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan Adalaj metode analisis kualitatif.

Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah masyarakat yang menjadi pelaku usaha makanan dan minuman di Sangatta Utara. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik (pengumpulan data) observasi, wawncara, dokumentasi, dan data yang diperoleh dikumpulkan dan diolah secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internal seperti kesadaran yang meningkat terhadap pentingnya sertifikasi halal meskipun mereka menghadapi beberapa hambatan internal seperti kurangnya pengetahuan, pemahaman mendalam dan biaya yang signifikan. Faktor eksternal seperti regulasi pemerintah yang mendukung dan tekanan dari lingkungan sosial dan budaya juga turut mempengaruhi keputusan mereka. Dengan memahami tantangan ini, UMKM dapat memanfaatkan peluang pasar yang lebih luas serta meningkatkan kepercayaan konsumen melalui implementasi yang baik dari sertifikasi halal. Dukungan pemerintah dan kesadaran akan manfaat jangka panjang dari sertifikasi halal menjadi kunci dalam memfasilitasi pertumbuhan yang berkelanjutan bagi UMKM di sektor ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Faktor-Faktor, Pelaku,UMKM, Sertifikasi Halal
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Jurusan Syariah > Ekonomi Islam
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 06 Feb 2025 02:48
Last Modified: 06 Feb 2025 02:48
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item
View Item