Caryudi, Caryudi (2024) PENGARUH KUALITAS DAN PENGETAHUAN HALAL TERHADAP PREFERENSI KONSUMSI PRODUK AMPLANG MASYARAKAT DESA SINGA GEMBARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.
Caryudi 20.2.21.040-2.pdf - Published Version
Download (7kB)
Caryudi 20.2.21.040.pdf - Published Version
Download (794kB)
Caryudi 20.2.21.040.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
Caryudi. NIM 20.2.21.040. Pengaruh Kualitas Dan Pengetahuan Halal Terhadap Preferensi Konsumsi Produk Amplang Masyarakat Desa Singa Gembara. Skripsi Jurusan Syariah Program Studi Ekonomi Syariah (E.S) Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta Kutai Timur. Dibimbing oleh Eko Nursalim, M.S.I selaku Pembimbing I dan Anggra Prima, M.Pd selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas dan pengetahuan halal terhadap preferensi konsumsi produk amplang di Desa Singa Gembara. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik angket untuk mendapatkan data dari responden, teknik observasi untuk mengamati kegiatan secara langsung, dan teknik dokumentasi untuk memperoleh data pendukung yang diperlukan.
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat RT 01 Desa Singa Gembara, yang menjadi objek penelitian dengan jumlah penduduk sekitar 241 jiwa. Berdasarkan fokus observasi dan wawancara terhadap Ibu Iriyana selaku RT 01, keistimewaan RT 01 terletak pada tingginya minat terhadap kerupuk amplang, yang menjadi daya tarik utama untuk penelitian ini. Dari total penduduk RT 01, sekitar 231 jiwa di antaranya adalah masyarakat Muslim, dan ini menjadi alasan utama pemilihan wilayah ini sebagai subjek penelitian. Sampel penelitian diambil menggunakan rumus Slovin dari populasi 231 masyarakat Muslim, sehingga diperoleh sampel sebanyak 70 responden yang merupakan konsumen kerupuk amplang di RT 01 Desa Singa Gembara. Untuk menganalisis data tersebut, digunakan rumus regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas dan pengetahuan halal secara signifikan mempengaruhi preferensi konsumsi masyarakat terhadap kerupuk amplang. Pengaruh kualitas produk amplang (X1) terhadap preferensi konsumsi (Y) adalah sebesar 61%, sedangkan pengaruh pengetahuan halal (X2) Terhadap Preferensi Konsumsi (Y) mencapai 15,1%. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,761 menunjukkan bahwa 76,1% variabel kualitas produk amplang (X1) dan pengetahuan halal (X2) bersama sama memberi pengaruh terhadap preferensi konsumsi produk amplang masyarakat Desa Singa Gembara, sedangkan 23,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis, variabel kualitas memiliki pengaruh yang lebih signifikan terhadap preferensi konsumsi secara simultan dibandingkan pengetahuan halal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Produk, Pengetahuan Halal Preferensi Konsumsi, Kerupuk Amplang. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Jurusan Syariah > Ekonomi Islam |
Depositing User: | STAI Sangatta |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 21:44 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 21:44 |
URI: | http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/109 |