IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VC DI SDN 007 SANGATTA UTARA

Wati, Sristianingsa Putrioda (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VC DI SDN 007 SANGATTA UTARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

[thumbnail of abstrak] Text (abstrak)
skripsi PTK PUTRI 02 (3)-2.pdf - Published Version

Download (32kB)
[thumbnail of pendahuluan] Text (pendahuluan)
skripsi PTK PUTRI 02 (3) (1).pdf - Published Version

Download (799kB)
[thumbnail of full skripsi] Text (full skripsi)
skripsi PTK PUTRI 02 (3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sristianingsa Putrioda Wati, NIM 18.1.13.017. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VC di SDN 007 Sangatta Utara. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Sangatta Kutai Timur. Dibimbing oleh Bapak Imam Hanafie, M.A. Selaku pembimbing I dan Bapak Mahfud Ifendi, M.Pd.I selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata Pelajaran IPS melalui model pembelajaran Kooperatife Tipe Snowball Throwing Kelas VC Di SDN 007 Sangatta Utara.

Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan metode campuran yaitu kuantitatif dan kualitatif. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah wali kelas VC dan seluruh siswa kelas VC. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang saling melengkapi satu sama lainnya, yaitu teknik observasi untuk mengamati secara langsung proses pembelajaran, teknik dokumentasi untuk mendapatkan beberapa data pendukung yang diperlukan dalam penelitian ini, teknik tes untuk mendapatkan data nilai prestasi belajar siswa dan teknik wawancara untuk mengetahui tentang sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran yang digunakan.

Hasil penelitian setelah dilakukan Tindakan tergolong baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian pra siklus, siklus I, dan siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus yaitu 57,11, ketuntasan belajar sebesar 15,38%. Rata-rata hasil belajar pada siklus I yaitu 66,92, ketuntasan belajar sebesar 46,15%. Siklus II yaitu 77,30, ketuntasan belajar sebesar 86,61% dan jumlah siswa yang tuntas yaitu 22 dari 26 siswa. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowbal Throwing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan data pendukung dari hasil rata-rata siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: :Model Pembelajaran kooperatif Tipe Snowball Throwing IPS prestasi belajar.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 22 Dec 2024 20:02
Last Modified: 22 Dec 2024 20:02
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/80

Actions (login required)

View Item
View Item