Afriani, Nur (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TEKNOLOGI PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 2 SANGATTA UTARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.
![[thumbnail of abstrak]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NUR AFRIANI TERBARU DAFTAR ISI FIKS-2.pdf - Published Version
Download (226kB)
![[thumbnail of pendahuluan]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NUR AFRIANI TERBARU DAFTAR ISI FIKS (1).pdf - Published Version
Download (1MB)
![[thumbnail of full skripsi]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
NUR AFRIANI TERBARU DAFTAR ISI FIKS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Nur Afriani. NIM 20.1.13.005. Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah 2 Sangatta Utara. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta Kutai Timur. Yang dibimbing oleh Anjani Putri Belawati Pandiangan, M.Pd.I selaku Pembimbing I dan Mukhtar, M.Pd. selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh peggunaan media teknologi pembelajaran terhadap minat belajar siswa kelas V di SD Muhammadiyah 2 Sangatta Utara dan seberapa besar pengaruh peggunaan media teknologi pembelajaran terhadap minat belajar siswa kelas V di SD Muhammadiyah 2 Sangatta Utara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Angket tersebut mencakup pernyataan mengenai penggunaan berbagai media teknologi dalam pembelajaran dan tingkat minat belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Sangatta Utara Tahun Ajaran 2023/2024
Populasi kelas V di SD Muhammadiyah 2 Sangatta Utara sebanyak 108 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 32 siswa dengan melakukan uji validitas, reliabilitas dan regresi linear sederhana untuk mengetahui nilai signifikansi.
Dari uji hipotesis di atas menunjukkan bahwa penggunaan media teknologi pembelajaran memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa, dengan nilai koefisien (B) sebesar 0.822, nilai t sebesar 5.234, dan tingkat signifikansi 0.000. Korelasi Pearson menunjukkan hubungan yang kuat antara penggunaan media teknologi pembelajaran terhadap minat belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Sangatta Utara dengan koefisien korelasi sebesar 0.691 dengan pesentase 69,1% yang sisanya sebesar 0,309 dipengaruhi oleh variabel lain berupa pembelajaran menggunakan metode ceramah dan lain-lain. Dalam penelitian ini ditemukan pula nilai signifikansi 0.000.Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin sering media teknologi pembelajaran digunakan, semakin tinggi minat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media teknologi pembelajaran secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SD Muhammadiyah 2 Sangatta Utara
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Teknologi Pembelajaran, Minat Belajar, Siswa Kelas V |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | STAI Sangatta |
Date Deposited: | 22 Dec 2024 19:57 |
Last Modified: | 22 Dec 2024 19:57 |
URI: | http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/76 |