Rahim, Rika (2024) PERENCANAAN MANAJEMEN KESISWAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) HUBBUL WATHON SANGATTA SELATA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.
![[thumbnail of abstrak]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RIKA RAHIM_20112028-3.pdf - Published Version
Download (201kB)
![[thumbnail of pendahuluan]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RIKA RAHIM_20112028.pdf - Published Version
Download (1MB)
![[thumbnail of full skripsi]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RIKA RAHIM_20112028.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Rika Rahim 20.1.12.038. Perencanaa Manajemen Kesiswaan Di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Hubbul Wathon Sangatta Selatan. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAI Sangatta. Skripsi ini dibawah bimbingan Dr. Arif Rembang Supu, M.Pd selaku Dosen Pembimbing I dan Dr. Rusmiati Indrayani, M.Pd selaku Dosen Pembingbing II.
Tujuan dari penelitian ini diantaranya yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan manajemen kesiswaan di MTS Hubbul Wathon, (2) Untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang menjadi pendukung perencanaan manajemen kesiswaan di MTS Hubbul Wathon.
Metodo penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan studi dokumen. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dukungan manajemen sekolah, partisipasi siswa, dan fasilitas yang tersedia merupakan faktor pendukung penting dalam manajemen kesiswaan untuk meningkatkan mutu sekolah. Dimana setiap perencanaan pasti akan ada kendala yang ditemukan baik itu dari pendanaan, fasilitas maupun SDM sekolah. Untuk mengatasi kendala dalam perencanaan maka dilakukan kerjasama antara yayasan, pemerintahan, maupun komite untuk melengkapi fasilitas yang diperlukan sehingga dapat menunjang kegiatan yang akan dilaksanakan, dan peningkatan SDM. Adapun faktor yang mendukung perencanaan peningkatan mutu sekolah, antara lain pendanaan yang cukup, komunikasi yang jelas, dan pelatihan yang memadai bagi guru, seperti pelibatan guru dalam beberapa pelatihan yang dilaksanakan pemerintah. Manajemen sekolah memegang peranan penting dalam menunjang seluruh kegaiatan yang direncanakan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan, Manajemen Kesiswaan |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | STAI Sangatta |
Date Deposited: | 22 Dec 2024 19:56 |
Last Modified: | 22 Dec 2024 19:56 |
URI: | http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/74 |