Nurtan, Nurtan (2024) IMPLEMENTASI LAYANAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN INTERNAL DI KANTOR CABANG DINAS PENDIDIKAN WILAYAH II. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.
Skripsi_Nurtan_fix_1[1]-2.pdf - Published Version
Download (136kB)
Skripsi_Nurtan_fix_1[1].pdf - Published Version
Download (512kB)
Skripsi_Nurtan_fix_1[1].pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Nurtan NIM 20.1.12.026, Judul skripsi “Implementasi Layanan Pendidikan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Internal Di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II “, Manajemen Pendidikan Islam, Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta Dosen Pembimbing I, H. Arif Rembang Supu. M.Pd. dan Dosen Pembimbing II Dr. Hj. Rusmiati Indrayani. M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi layanan Pendidikan dan kepuasaan pelanggan internal di kantor Cabang Dinas Pendidikan wilayah II dan Mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan Kepuasan pelanggan internal Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan informan kepala sekolah dan staf cabang dinas pendidikan wilayah II
Dalam proses pencarian data, penelitian menggunakan metode observasi, wawancara mendalam terhadap subyek penelitian, dan dokumentasi. Dalam analisis dan interpretasi data, peneliti menggunakan model Miles and Huberman yaitu Pengumpulan data , reduksi, penyajian data , dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi sumber.
Secara keseluruhan melalui hasil wawancara, observasi dan kajian dokumen penelitian ini menunjukkan bahwa kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Kutim-Bontang telah melaksanakan layanan pendidikan yang berkualitas kepada para pelanggan internalnya. Hal ini didukung dengan pelayanan yang telah dilakukan untuk kepuasaan para pelanggan internalnya dengan menerapkan atau menginplementasikan prinsip-prinsip pelayanan publik yakni 1.keterbukaan informasi,2, keramahan dalam melayani, 3, efektifitas Waktu 4,kemudahaan dalam pelayanani, 5. bekerja berdasarkan SOP dan 6. menciptakan suasana aman dan nyaman di tempat pelayanan.. Upaya yang dilakaukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan internal Cabang Dinas Pendidikan wilayah II yaitu dengan 1, meyediakan papan Informasi ,2, Sosialisasi Mengenai SOP Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II ke sekolah -sekolah dan 3, Mendirikan Gedung baru agar ruang tunggu Pelayanan dan lahan parkir luas sehingga memudahkan para pelanggan untuk memarkir kendaraan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Layanan Pendidikan, Kepuasaan Pelanggan Internal |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | STAI Sangatta |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 21:49 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 21:49 |
URI: | http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/69 |