Rusmiati, Rusmiati (2024) ANALISIS PROGRAM LITERASI AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT MEMBACA AL-QUR’AN DI SMP AL-MUNAWWIR SANGATTA SELATAN. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.
Skripsi Rusmiati-2.pdf - Published Version
Download (174kB)
Skripsi Rusmiati.pdf
Download (927kB)
Skripsi Rusmiati.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Rusmiati, NIM 20.1.11.045. Analisis Program Literasi Al-Qur’an dalam Meningkatkan Semangat Membaca Al-Qur’an di SMP Al-Munawwir Sangatta Selatan. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAI Sangatta Kutai Timur. Dibimbing oleh Dr. Satriah, M. Pd. selaku Pembimbing I dan Anggra Prima M. Pd. selaku Pembimbing II
Penelitian ini memiliki tujuan: 1) untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan program literai Al-Qur’an dalam meningkatkan semangat membaca AlQur’an di SMP Al-Munawwir Sangatta Selatan, 2) untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan program literasi Al-Qur’an di SMP Al-Munawwir Sangatta Selatan, 3) untuk mengetahui solusi dari kendala dalam pelaksanaan program literasi Al-Qur’an di SMP Al-Munawwir Sangatta Selatan
Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian lapangan (filed research), yang menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah 2 orang Guru PAI dan 6 orang siswa dari perwakilan kelas VII, VIII dan IX. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model milik Miles dan Hubermen setelah mengumpulkan data yaitu kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program literasi Al-Qur’an di SMP Al-Munawwir dilaksanakan dalam dua tahap setiap hari senin sampai kamis yaitu tahap pertama adalah membaca Al-Quran setelah sholat dhuha dan ditahap kedua yaitu mempelajari terjemah, hukum bacaan dan isi kandungan ayat-ayat dalam Al-Qur’an, dan dilaksanakan satu tahap saja ketika hari jum’at dan sabtu yaitu hanya membaca Al-Qur’an saja. Pada tahap kedua siswa dibagi dalam beberapa kelompok yaitu kelompok tilawah, Kaligrafi atau menulis Al-Qur’an, hukum tajwid, kelompok dasar dan kelompok terjemah (belajar isi kandungan dan makna setiap ayat Al-Qur’an). Kendala dalam pelaksanaan program literasi AlQur’an ada tiga yaitu, siswa yang malas dan kurang disiplin, waktu yang singkat dan jumlah guru yang masih sedikit. Solusi pertama yang dilakukan adalah dengan melakukan pengawasan dan pemberian sanksi yang bervariasi sesuai dengan tingkat pelanggaran untuk mendisiplinkan siswa dalam pelaksanaan program literasi Al-Qur’an, solusi kedua adalah dengan mengadakan lomba setiap hari besar Islam agar siswa lebih bersemangat mengikuti kegiatan literasi Al-Qur’an, dan solusi yang ketiga yaitu dengan merangkap tugas guru dalam mengawasi siswa pada pelaksanaan program literasi Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Literasi Al-Qur’an, Semangat Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | STAI Sangatta |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 11:46 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 11:46 |
URI: | http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/47 |