PENGARUH PENGATURAN TEMPAT DUDUK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 SANGATTA UTARA

Sofa, Risda (2024) PENGARUH PENGATURAN TEMPAT DUDUK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 SANGATTA UTARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

[thumbnail of abstrak] Text (abstrak)
Skripsi Risda Sofa-3.pdf - Published Version

Download (203kB)
[thumbnail of pendahuluan] Text (pendahuluan)
Skripsi Risda Sofa.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of full skripsi] Text (full skripsi)
Skripsi Risda Sofa.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Risda Sofa. NIM 20.1.11.021. Pengaruh Pengaturan Tempat Duduk Terhadap Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Sangatta Utara. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI Sangatta Kutai Timur. Dibimbing oleh Faelasup, M.Pd.I selaku pembimbing I dan Jumrianah, M.Pd.I selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengaturan tempat duduk terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Sangatta Utara.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dnegan pendekatan kuantitatif. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, koesioner (angket), serta dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data yang digunakan yaitu persamaan regresi linear sederhana, yang dilengkapi dengan uji validitas dan reabilitas menggunakan bantuan alat program Microsoft Excel dan SPSS.

Penelitian ini memiliki populasi sebesar 46 responden merupakan siswa mata pelajaran PAI di kelas XI-A, XI-B dan XI-C yang menggunakan pengaturan duduk formasi U pada kegiatan pembelajarannya.

Dari hasil perhitungan dengan analisis yang telah ditentukan menghasilkan korelasi pengaturan duduk terhadap motivasi belajar sebesar 0,6067 dengan kategori diantara 0,600-0,799 yang berarti memiliki korelasi kuat atau tinggi sehingga dapat membentuk persamaan regresi Y=23,38 + 0,584X, persamaan tersebut digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengaturan duduk terhadap motivasi siswa. Dengan demikian pengaruh pengaturan duduk terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Sangatta Utara bernilai positif dengan nilai koofisien determinan 36,81% dan 63,19% lainnya dipengaruhi oleh faktor lainnya yaitu kemampuan mengajar guru, pengaruh internal siswa, maupun minat siswa terhadap materi ajar. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung 5,0619 dengan tingkat signifikansi 5% ttabel sebesar 1,680. Karena hasil perbandingan menunjukkan thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel X pengaturan duduk formasi U terhadap variabel Y motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengaturan Duduk, Formasi U, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 16 Oct 2024 11:46
Last Modified: 16 Oct 2024 11:46
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/46

Actions (login required)

View Item
View Item