IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN BUDAYA RELIGIUS DI SMP ISLAM DDI SANGATTA UTARA

Arifin, Putri Paradiva (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN BUDAYA RELIGIUS DI SMP ISLAM DDI SANGATTA UTARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

[thumbnail of abstrak] Text (abstrak)
Skripsi Putri Paradiva Arifin-2.pdf - Published Version

Download (109kB)
[thumbnail of pendahuluan] Text (pendahuluan)
Skripsi Putri Paradiva Arifin.pdf - Published Version

Download (950kB)
[thumbnail of full skripsi] Text (full skripsi)
Skripsi Putri Paradiva Arifin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Putri Paradiva Arifin. 20.1.11.016. Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Budaya Religius di SMP Islam DDI Sangatta Utara. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta. Skripsi ini di bawah bimbingan Ramdanil Mubarok, M.M selaku Dosen Pembimbing Lapangan I dan H. Muhammad Imam Syafi’I, M.Pd selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya-budaya religius yang ada di SMP Islam DDI Sangatta Utara, mengetahui implementasi pendidikan agama Islam dalam meningkatkan budaya religius, dan problematika serta solusi di dalam implementasi pendidikan agama Islam di SMP Islam DDI Sangatta Utara.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripstif. Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan atau menguraikan suatu fenomena atau keadaan tanpa melakukan manipulasi variabel atau mencari hubungan sebab-akibat. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, dan Siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Miles dan Huberman yaitu data condensation, data display, dan data conclusion drawing/verivication.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa budaya religius yang ada di SMP Islam DDI Sangatta Utara yaitu budaya shalat sunnah dhuha berjama’ah, sholat dzuhur berjama’ah, tadarus al-Qur’an, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, hafalan al-Qur’an dan hafalan Hadist, budaya 3S (senyum, sapa, salam). Adapun implementasi pendidikan agama Islam yang ada di SMP Islam DDI Sangatta Utara melalui proses pembelajaran meliputi pemebelajaran fiqh, aqidah akhlak, dan al-Qur’an hadist, berikutnya melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka dan qasidah. Adapun problem yang dijumpai dalam meningkatkan budaya religius di SMP Islam DDI Sangatta Utara yaitu kurangnya kesadaran siswa, kurangnya motivasi siswa, keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM). Solusi dalam menangani hal tersebut yaitu memberikan pembiasaan-pembiasaan yang baik, nasihat, dorongan positif, dan memotivasi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Budaya Religius
Subjects: Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 16 Oct 2024 11:48
Last Modified: 16 Oct 2024 11:48
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/45

Actions (login required)

View Item
View Item