Afifah, Nabila Nur (2024) PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 2 SANGATTA UTARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.
Skripsi Nabila NUr Afifah-2.pdf - Published Version
Download (163kB)
Skripsi Nabila NUr Afifah.pdf - Published Version
Download (1MB)
Skripsi Nabila NUr Afifah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Nabila Nur Afifah. Nim 20.1.11.054. Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMKN 2 Sangatta Utara. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agma Islam STAI Sangatta Kutai Timur dibimbing oleh Anjani Putri Belawati Pandiangan, M. Pd. I selaku pembimbing I dan H. Muhammad Imam Syafi‘i, M. Pd. I selaku pembimbng II.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui problematika penerapan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Sangatta Utara.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dan sifatnya dijabarkan secara deskriftif serta mengumpulkan data dengan wawancara dan observasi. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah waka kurikulum, guru PAI, dan juga siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa problematika yang terjadi guru masih menemukan kendala terkait perilaku siswa yang pasif saat pembelajaran, siswa cenderung kurang aktif. Problem yang timbul akibat rendahnya kesadaran belajar mandiri guru menjadikan ada guru yang masih tertinggal untuk penerapan kurikulum merdeka. Adanya siswa yang masih pasif menjadi kendala pembelajaran sehingga siswa cenderung kurang memahami materi. Solusi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran PAI dalam mengatasi permasalahan yang terjadi ketika ada siswa yang pasif atau siswa yang telalu aktif adalah dengan membuat kelompok campuran. Dari pihak sekolah solusi terkait beberapa guru yang belum sesuai dengan ketentuan kurikulum maka guru dituntut untuk melakukan house training secara mandiri. Sesama guru juga saling berkolaborasi dan membantu guru lainnya agar lebih memahami tehnik pengajaran yang baik dan benar sesuai denga ketentuan kurikulum merdeka.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kurikulum merdeka, mata pelajaran PAI |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | STAI Sangatta |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 11:48 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 11:48 |
URI: | http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/39 |