PENERAPAN METODE TALQIN DALAM MENGATASI KESULITAN MENGHAFAL Al- QURAN JUZ 30 PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 01 KUTAI TIMUR

Aini, Juliya Qairimatun (2024) PENERAPAN METODE TALQIN DALAM MENGATASI KESULITAN MENGHAFAL Al- QURAN JUZ 30 PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 01 KUTAI TIMUR. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Skripsi Juliya Qairimatun Aini-2 (1).pdf - Published Version

Download (227kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN] Text (PENDAHULUAN)
Skripsi Juliya Qairimatun Aini.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI] Text (FULL SKRIPSI)
Skripsi Juliya Qairimatun Aini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Juliya Qairimatun Aini. 20.1.11.047. Penerapan Metode Talqin Dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Al Quran Juz 30 pada siswa Madrasah ibtidaiyah Negeri 01 Kutai Timur. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta. Skripsi ini di bawah bimbingan H. Arif Rembang Supu, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan I dan Dr. Hj. Rusmiati Indrayani, M.Pd selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menghafal Al Quran Juz 30 pada siswa MIN 01 Kutai Timur, Penerapan Metode Talqin dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Al Quaran Juz 30 pada siswa MIN 01 Kutai Timur, Faktor Pendukung dan Penghambat Metode Talqin dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Al Quran Juz 30 Pada Siswa MIN 01 Kutai Timur. Target penelitian ini adalah guru ngaji dan siswa MIN 01 Kutai Timur.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Yang merupakan suatu penelitian yang bertujuan mengeksplorasi data sesuai pembahasan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi mengamati kegiatan di MIN 01 Kutai Timur , wawancara dengan responden dan dokumentasi untuk mendapatkan beberapa data pendukung yang diperlukan dalam penelitian ini.
Dari hasil peneliti ini : (1) cara menghafal Al Quran Juz 30 pada siswa yaitu setiap siswa harus membaca suarah pendek perayat secara berulang-ulang bacaan ayat perayat secara lancar dan benar. (2) penerapan Metode Talqin dalam mengatasi kesulitan menghafal Al Quran Juz 30 yaitu dengan cara memperdengarkan bacaan hafalan al-Qur'an kepada murid, sedikit demi sedikit dan murid diminta untuk mendengarkan dan mengulangi bacaan tersebut secara perlahan-lahan. (3) faktor pendukung Metode Talqin yang diperolah oleh guru yaitu tersedianya sarana dan prasarana yang medukung untuk berlangsungnya proses menghafal Al-Qur'an agar dapat berjalan dengan baik dan efisien disekolah. Sedangkan faktor penghambat berupa Kurangnya Waktu dan Konsistensi Menghafal Al-Quran memerlukan waktu yang cukup lama dan konsistensi. Kurangnya jadwal yang teratur dan waktu yang cukup untuk menghafal dapat menghambat progres.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Talqin, Kesulitan Menghafal Al- Quran Juz 30
Subjects: Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:18
Last Modified: 15 Oct 2024 02:18
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/26

Actions (login required)

View Item
View Item