STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT IMAM AL-GHAZALI DAN BUYA HAMKA

Rauf, Isfaur (2024) STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT IMAM AL-GHAZALI DAN BUYA HAMKA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

[thumbnail of abstrak] Text (abstrak)
Skripsi Isfaur Rauf-2.pdf - Published Version

Download (64kB)
[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
Skripsi Isfaur Rauf (1).pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of full skripsi] Text (full skripsi)
Skripsi Isfaur Rauf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Isfaur Rauf. NIM 20.1.11.062. Judul Skripsi “Studi Komparasi Konsep Pendidikan Karakter Menurut Imam Al-Ghazali dan Buya Hamka”. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta. Skripsi ini dibawah bimbingan Bapak Faelasup, M.Pd.I selaku dosen pembimbing I dan Ibu Jumrianah, M.Pd.I selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter menurut Imam Al-ghazali dan Buya Hamka, persamaan dan perbedaan konsep pendidikan karakter menurut Imam Al-Ghazali dan buya Hamka, serta relevansinya dengan zaman sekarang.
Skripsi ini merupakan jenis penelitian yang bersifat library Research atau studi kepustakaan. Data Primer dan sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan dengan tahap pengumpul data berupa orientasi, eksplorasi, dan studi terfokus dari buku-buku. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis. Adapun analisisnya dengan dengan deskriptif analisis dan komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat perbedaan kontekstual dan temporal, terdapat banyak kesamaan dalam nilai-nilai karakter yang diajarkan oleh Imam al-Ghazali dan Buya Hamka. Keduanya menekankan pentingnya kejujuran, ikhlas, kesabaran, dan kesehatan jiwa sebagai fondasi karakter yang kuat. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa konsep-konsep pendidikan karakter dari kedua tokoh tersebut tetap relevan dan aplikatif dalam konteks pendidikan modern, terutama dalam menghadapi tantangan moral dan etika di era digital. Kesimpulannya nilai-nilai karakter yang diajarkan oleh Imam al-Ghazali dan Buya Hamka memiliki relevansi yang tinggi dan dapat diterapkan dalam sistem pendidikan karakter saat ini. Penerapan nilai-nilai ini dapat membantu dalam membentuk individu yang seimbang secara intelektual, emosional, dan spiritual, sehingga mampu menghadapi tantangan zaman dengan integritas dan kebijaksanaan..

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Imam Al-Ghazali, Buya Hamka
Subjects: Pendidikan Agama Islam > L Education (General)
Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:19
Last Modified: 15 Oct 2024 02:19
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/23

Actions (login required)

View Item
View Item