Erviana, Irma (2024) PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VIII DI MTs AL-IKHLAS RANTAU PULUNG. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.
Skripsi Irma Erviana-2.pdf - Published Version
Download (10kB)
Skripsi Irma Erviana.pdf - Published Version
Download (1MB)
Skripsi Irma Erviana.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Irma Erviana. NIM 19.1.11.0054. Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Pembelajaran Aqidah Ahlak Pada Siswa Kelas VIII di Mts Al-Ihklas Rantau Pulung. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta Kutai Timur. Penelitian ini dibawah bimbingan oleh Bapak Mahfud Ifendi, M.Pd.I selaku pembimbing I dan Ibu Jumrianah, M.Pd.I selaku pembimbing II. Dalam penelitian ini yang menjadi tujuan rumusan masalah yaitu untuk, Mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada siswa kelas VIII di MTs Al-Ikhlas Rantau Pulung. Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat peran guru sebagai motivator dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada Siswa kelas VIII di MTs Al-Ikhlas Rantau Pulung. Dan mendeskripsikan solusi atas permasalahan yang dihadapi dalam peran guru sebagai motivator dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada siswa kelas VIII di MTs Al-Ikhlas Rantau Pulung.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu wawancara,obsevasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data yaitu, Presistent observation (ketekunan pengamatan), triangulasi serta menggunakan bahan referensi. Dan teknik analisis data dengan menggunakan analisis interaktif melalui proses data reduction, data display, dan verivication. Sumber data ada dua yaitu data primer informennya, guru, wali murid dan siswa sedangkan data sekunder yaitu dokumentasi dan termasuk hasil observasi penulis.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, peran guru sebagai motivator dalam pembelajaran Aqidah Ahlak pada siswa kelas VIII di MTs AlIkhlas Rantau Pulung yaitu, Peran guru mata pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan Pembelajaran ini adalah suatu upaya untuk mendidik karakter peserta didik agar selalu memperhatikan pembelajaran dalam mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku di madrasah maupun di masyarakat. Peran guru mata pelajaran akidah akhlak di MTs Al-Ikhlas sudah dijalankan dengan baik.
Faktor Pendukung nya adalah kesehatan dan motivasi siswa yang mana jika faktor pendukung tersebut tidak tercapai maka bisa berimbas ke semangat belajar siswa, sedangkan faktor penghambatnya adalah keadaan sarana dan prasarana serta keadaan keluarga yang mana jika keadaan sekolah kurang memadai bisa membuat siswa jenuh dalam kelas, keadaan keluarga yang kacau juga mempengaruhi siswa dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Motivator Dalam Pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | STAI Sangatta |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 11:16 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 11:16 |
URI: | http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/22 |