Hizbi, Muhammad Ihtisor (2024) IMPLEMENTASI METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA NEGERI 1 SANGATTA UTARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.
Skripsi Hizbi-2.pdf - Published Version
Download (303kB)
Skripsi Hizbi (1).pdf - Published Version
Download (1MB)
Skripsi Hizbi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Muhammad Ihtisor Hizbi. NIM 20.1.11.022. Implementasi Metode Inkuiri Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMA Negeri 1 Sangatta Utara. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI Sangatta Kutai Timur. Dibimbing oleh Anjani Putri Belawati Pandiangan, M.Pd.I selaku Pembimbing I dan H. Muhammad Imam Syafi’i, M.Pd selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode inkuiri dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Negeri 1 Sangatta Utara, faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi metode inkuiri dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Negeri 1 Sangatta Utara, dan solusi implementasi metode inkuiri dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Negeri 1 Sangatta Utara.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Sangatta Utara. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam, dan Siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Miles dan Huberman yaitu data collection, data reduction, data display, dan data conclusion.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sangatta Utara sudah mengimplementasikan metode inkuiri dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan baik. Dengan cara membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk mengumpulkan data dan menyusunnya dalam presentasi, sehingga dapat memungkinkan siswa untuk belajar secara aktif dan mandiri. Faktor-faktor seperti ketersediaan sumber belajar seperti buku, internet, dan perpustakaan mendukung implementasi metode inkuiri. Namun, kondisi siswa yang kurang serius dalam belajar dan pembatasan waktu menjadi hambatan dalam proses implementasi. Solusi mengatasi hambatan implementasi metode inkuiri dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah pemberian tugas tambahan seperti mengerjakan Lembar Kerja Belajar Dirumah (LKBD), yang membantu siswa lebih mendalami materi melalui soal-soal terkait tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Metode Inkuiri, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | STAI Sangatta |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 00:13 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 00:13 |
URI: | http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/20 |