Wahyudi, Sigit (2023) PENGARUH LITERASI AL-QUR’AN TERHADAP KARAKTER SISWA DI MTS HUBBUL WATHON SANGATTA SELATAN. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.
![[thumbnail of abstrak]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
full sigit wahyudi-2.pdf - Published Version
Download (372kB)
![[thumbnail of pendahuluan]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
full sigit wahyudi.pdf - Published Version
Download (497kB)
![[thumbnail of full skripsi]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
full sigit wahyudi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Sigit Wahyudi. 19.1.11.047. Pengaruh Literasi Al-Qur’an Terhadap Karakter Siswa di MTs Hubbul Wathon Sangatta Selatan. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta. Skripsi ini dibawah bimbingan Bapak Mahfud Ifendi, M. Pd. I selaku dosen pembimbing I dan Ibu Jumrianah, M. Pd. I selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh literasi AlQur’an terhadap karakter siswa di MTs Hubbul Wathon Sangatta Selatan.
Jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Hubbul Wathon yang berjumlah 66 siswa. Adapun penelitian ini termasuk dalam penelitian populasi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik angket/kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan rumus regresi linear sederhana, namun sebelumnya telah dilakukan uji validitas data dan uji reliabilitas data pada program SPSS.
Hasil Uji Regresi Linear Sederhana pada penelitian ini diperoleh nilai constant (a) sebesar 35.330 yang mengandung arti bahwa nilai konsisten variabel Literasi Al-Qur’an adalah sebesar 35.330, dan Karakter Siswa (b/ koefisien regresi) sebesar 0,419 yang menyatakan bahwa penambahan 1% Literasi Al-Qur’an, maka nilai Karakter Siswa bertambah 0,419, maka dapat ditulis persamaan Regresi Linear Sederhana Y= 35.330 + 0,419 X. Uji Hipotesis diperoleh signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Nilai Kofisien korelasi sebesar 0,623 yang berada di antara 0,600 – 0,799 yang berarti pengaruhnya kuat atau tinggi dan nilai R Square sebesar 0,388, yang berarti penelitian ini memiliki pengaruh positif sebesar 38,8%.
Berdasarkan hasil di atas, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pada Literasi Al-Qur’an terhadap Karakter Siswa di MTs Hubbul Wathon Sangatta Selatan sebesar 38,8% dan 61,2% dipengaruhi oleh faktor lain
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Al-Qur’an dan Karakter Siswa |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > LC Special aspects of education |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | STAI Sangatta |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 05:40 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 05:40 |
URI: | http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/171 |