PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SYNERGETIC TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MIN 1 KUTAI TIMUR

Fitri, Salsabila Annisa (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SYNERGETIC TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MIN 1 KUTAI TIMUR. Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta. (Submitted)

[thumbnail of abstrak] Text (abstrak)
SKRIPSI SALSABILA ANNISA FITRI-2.pdf - Published Version

Download (29kB)
[thumbnail of pendahuluan] Text (pendahuluan)
SKRIPSI SALSABILA ANNISA FITRI.pdf - Published Version

Download (907kB)
[thumbnail of full skripsi] Text (full skripsi)
SKRIPSI SALSABILA ANNISA FITRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Salsabila Annisa Fitri. NIM 19.1.13.009. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Synergetic Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV MIN 1 Kutai Timur. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Sangatta Kutai Timur. Dibimbing oleh Dr. Satriah, M.Pd selaku pembimbing I dan Tri Velyna, M.Pd selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa seberapa besar penerapan model pembelajaran Cooperative tipe Synergetic Teaching (Pengajaran Bersinergi) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV MIN 1 Kutai Timur.

Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan metode campuran (mixed methods). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang saling melengkapi satu sama lainnya, yaitu teknik observasi untuk mengamati secara langsung proses kegiatan belajar yang berlangsung di kelas, teknik tes untuk mendapatkan data nilai hasil belajar siswa, teknik wawancara untuk mendapatkan informasi dari narasumber, lalu teknik dokumentasi untuk mendapatkan data pendukung yang juga diperlukan dalam penelitian ini.

Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan tergolong sangat tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian pra siklus, siklus I dan siklus II. Dari analisis rata-rata nilai hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal, diperoleh data yaitu pada pra siklus 36,07 dengan persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal 7,41%, siklus I yaitu 57,51 persentase ketuntasan belajar 40,74%, dan pada siklus II 80,14 dengan persentase ketuntasan belajar yaitu 81,48%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran cooperative tipe synergetic teaching (pengajaran bersinergi) mempunyai korelasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan data pendukung dari rata-rata hasil belajar siswa serta ketuntasan klasikalnya.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Tipe Synergetic Teaching, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 06 Feb 2025 05:37
Last Modified: 06 Feb 2025 05:37
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item
View Item