IMPLEMENTASI PROGRAM INFAQ DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI SOSIAL PADA SD MUHAMMADIYAH 2 SANGATTA UTARA

Luthfiyyah, Indah (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM INFAQ DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI SOSIAL PADA SD MUHAMMADIYAH 2 SANGATTA UTARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

[thumbnail of abstrak] Text (abstrak)
SKRIPSI INDAH LUTHFIYYAH-2.pdf - Published Version

Download (200kB)
[thumbnail of pendahuluan] Text (pendahuluan)
SKRIPSI INDAH LUTHFIYYAH.pdf - Published Version

Download (855kB)
[thumbnail of full skripsi] Text (full skripsi)
SKRIPSI INDAH LUTHFIYYAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Indah Luthfiyyah. NIM 19.1.13.006. Implementasi Program Infaq Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Pada SD Muhammadiyah 2 Sangatta Utara. Skripsi, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta Kutai Timur. Di bimbing oleh Eko Nursalim, M.S.I, selaku pembimbing I dan Moh. Tauhid, M.Pd selaku pembimbing II.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan implementasi program infaq dalam membentuk karakter peduli sosial pada SD Muhammadiyah 2 Sangatta Utara, dengan fokus penelitian : (1) implementasi program infaq di SD Muhammadiyah 2 Sangatta Utara (2) faktor pendukung dan penghambat program infaq pada SD Muhammadiyah 2 Sangatta Utara (3) solusi dari faktor penghambat program infaq pada SD Muhammadiah 2 Sangatta Utara.

Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research) dimana untuk memperoleh data yang akurat maka penulis datang langsung ke lokasi penelitian yakni SD Muhammadiyah 2 Sangatta Utara , dengan menggunakan pendekatan yaitu kualitatif deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi program infaq di SD Muhammadiyah 2 Sangatta Utara. Program infaq terdiri dari infaq jumat, infaq sosial, infaq tahunan (2) Faktor pendukung program infaq terbagi menjadi dua yaitu faktor internal yang berasal dari peserta didik, adanya auntusiame peserta didik dalam berinfaq. Sedangkan faktor eksternal berasal dari orang tua dan guru yaitu adanya dukungan dan motivasi yang diberikan dari orang tua dan guru. Faktor penghambat program infaq sejauh ini, belum ada hambatan yang berati karena kegiatan ini dikelola dengan baik oleh pihak sekolah. Kalau persoalan tetap ada tetapi tidak menjadi suatu hambatan misalnya peserta didik lupa membawa infaqnya. (3) solusinya wali kelas mengingatkan di grup kelas supaya peserta didik tidak lupa membawa infaqnya, guru memberikan contoh langsung dalam berinfaq, melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan terhadap kegiatan program infaq dan jumat berbagi agar berjalan lancar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Infaq, Karakter Peduli Sosial
Subjects: Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education
Divisions: Jurusan Syariah > Ekonomi Islam
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 06 Feb 2025 05:35
Last Modified: 06 Feb 2025 05:35
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item
View Item