Astika, Desi (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SDN 001 SANGATTA UTARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.
![[thumbnail of abstrak]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI DESI ASTIKA-2.pdf - Published Version
Download (295kB)
![[thumbnail of pendahuluan]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI DESI ASTIKA.pdf - Published Version
Download (824kB)
![[thumbnail of full skripsi]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI DESI ASTIKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Desi Astika 19.1.13.011. Pengaruh Penggunaan Media Grafis Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V SDN 001 Sangatta Utara. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta. Skripsi ini dibawah bimbingan Mahfud Ifendi, M.Pd.I selaku dosen pembimbing I dan Faelasup, M.Pd.I selaku dosen pembimbing II.
Dalam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Penggunaan Media Grafis Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 001 Sangatta Utara.
Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Populasi penelitian ini adalah selurus siswa kelas V SDN 001 Sangatta Utara yakni 152 siswa dan sampel yang digunakan adalah 76 siswa (50%). Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik angket/kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan rumus regresi linear sederhana, namun sebelumnya telah dilakukan uji validitas data dan uji reliabilitas data pada program SPSS.
Hasil Uji Regresi Linear Sederhana pada penelitian ini diperoleh nilai constant (a) sebesar 32.261 yang mengandung arti bahwa nilai konsisten variabel motivasi belajar siswa adalah sebesar 32.261, dan media grafis (b/ koefisien regresi) sebesar 0,593 yang menyatakan bahwa penambahan 1% nilai Motivasi Belajar Siswa, maka nilai Media Grafis bertambah 0,593, maka dapat ditulis persamaan Regresi Linear Sederhana Y= 32.261 + 0,593 X. Uji Hipotesis diperoleh signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan diketahui nilai t hitung sebesar 5.461 > t tabel 1,992 yang berarti variabel Media Grafis (X) berpengaruh terhadap variabel Motivasi Belajar Siswa (Y). Uji Koefisien Determinasi diperoleh nilai (R) sebesar 0,536 yang berada di antara 0,400 – 0,599 yang berarti pengaruhnya sedang atau cukup dan nilai R Square sebesar 0,287, yang berarti penelitian ini memiliki pengaruh positif sebesar 28,7%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Grafis dan Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | STAI Sangatta |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 05:35 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 05:35 |
URI: | http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/160 |