Suhaimi, Muhammad (2023) UPAYAMENINGKATKANPRESTASIBELAJAR MATEMATIKADENGANMODELJIGSAWPADA SISWAKELASIIIASEKOLAHDASARNEGERI001 SANGATTAUTARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.
![[thumbnail of abstrak]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muh. Suhaimi-2.pdf - Published Version
Download (135kB)
![[thumbnail of pendahuluan]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muh. Suhaimi.pdf - Published Version
Download (783kB)
![[thumbnail of full skripsi]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muh. Suhaimi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Muhammad Suhaimi, NIM 18.1.13.002. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Model Jigsaw Pada Siswa Kelas III A Sekolah Dasar Negeri 001 Sangatta Utara. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta. Skripsi ini dibawah bimbingan H. Arif Rembang Supu, M.Pd selaku pembimbing I dan Miftakhul Rizal Mubaidilla,M.Pd.I selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: Bagaimana upaya dalam meningkatkan prestasi belajar matematika dengan model jigsaw pada siswa kelas IIIASekolahDasarNegeri001SangattaUtaratahunajaran2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Populasi dari penelitian ini berjumlah 63 siswa yang berada di dalam kelas. Karena kurang dari 100 siswa, maka penelitian ini menggunakan penelitian populasi. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan beberapa teknik, yakni angket / kuesioner soal, observasi, dan dokumentasi. Teknik dalam menganalisis data, peneliti menggunakan rumus Mean(rata-rata).
Berdasarkan hasil analisis pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 87,58. sedangkan nilai ratarata kelas kontrol memperoleh nilai sebesar 71,33. Dimana hasil yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol yakni 87,58 > 71,33. Jadi, hasil dari nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, dan Ha diterima. Dengan hasil yang diperoleh dari perhitungan rumusMean (rata-rata) tersebut, dapat di simpulkan bahwa penggunaan model jigsaw memiliki upaya peningkatanterhadapprestasibelajarsiswadalampembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > L Education (General) |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | STAI Sangatta |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 05:34 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 05:34 |
URI: | http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/158 |