Nurhasanah, Sitti (2024) PENGARUH MERCHANDISE DAN DISKON TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMBELI BUKU DI RUMAH SITA BOOKSTORE SANGATTA UTARA. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.
![[thumbnail of abstrak]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sitti Nurhasanah 20.2.21.037-2.pdf - Published Version
Download (134kB)
![[thumbnail of pendahuluan]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sitti Nurhasanah 20.2.21.037.pdf - Published Version
Download (652kB)
![[thumbnail of full skripsi]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sitti Nurhasanah 20.2.21.037.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Sitti Nurhasanah. NIM 20.2.21.037. Pengaruh Merchandise dan Diskon Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Membeli Buku di Rumah Sita Bookstore Sangatta Utara Tahun 2024. Skripsi Jurusan Syariah Program Studi Ekonomi Syariah STAI Sangatta Kutai Timur. Dibimbing oleh Eko Nursalim, M.S.I selaku pembimbing I dan Totok Adhi Prasetyo, M.M selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh merchandise dan diskon terhadap kepuasan konsumen dalam membeli buku di Rumah Sita Bookstore tahun 2024.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang saling melengkapi satu sama lainnya, yaitu teknik angket untuk mendapatkan data penelitian dengan cara penskoran dari responden, kemudian teknik observasi untuk mengamati secara langsung kegiatan yang berlangsung di toko, lalu teknik dokumentasi untuk mendapatkan beberapa data pendukung yang juga diperlukan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 responden yang merupakan customers Rumah Sita Bookstore pada tahun 2024. Selanjutnya untuk menganalisa data tersebut, maka peneliti menggunakan rumus regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Uji T variabel Merchandise (X1) memperoleh nilai thitung sebesar 5,523 > ttabel 1,98472, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh X1 terhadap Y. Kemudian variabel Diskon (X2) memperoleh nilai thitung sebesar 3,580 > ttabel sebesar 1,98472 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, maka hipotesis dari variabel Diskon diterima yang berarti terdapat pengaruh X2 terhadap Y. Dari hasil Uji F menunjukan signifikansi 0,000. Fhitung 63,155 > Ftabel 3,09. Jadi, Merchandise dan Diskon, secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dalam membeli buku di rumah Sita Bookstore Sangatta di Sangatta Kutai Timur. Setelah dihitung koefisien determinannya meperoleh nilai sebesar 0,566. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel independen mampu mempengaruhi variabel dependen sebesar 56,6% sedangkan sisanya 43,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Merchandise, Diskon, Kepuasan Konsumen. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Jurusan Syariah > Ekonomi Islam |
Depositing User: | STAI Sangatta |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 04:36 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 04:36 |
URI: | http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/150 |