Dewi, Rita Sri (2024) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN KEPUASAN NASABAH TERADAP MINAT MENABUNG DI PERBANKAN SYARIAH (BSI KCP Sangatta). Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.
![[thumbnail of abstrak]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rita Sri Dewi 20.2.21.006-2.pdf - Published Version
Download (207kB)
![[thumbnail of pendahuluan]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rita Sri Dewi 20.2.21.006.pdf - Published Version
Download (983kB)
![[thumbnail of full skripsi]](http://digilib.staiskutim.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rita Sri Dewi 20.2.21.006.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Rita Sri Dewi. NIM 20.2.21.006 Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kepuasan Nasabah Terhadap Minat Menabung di Perbankan Syariah (BSI KCP Sangatta) Skripsi Jurusan Syariah Program Studi Ekonomi Syariah STAI Sangatta Kutai Timur. Dibimbing oleh Imrona Hayati, M.Pd selaku pembimbing I dan Miftakhul Rizal, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pemasaran dan kepuasan nasabah terhadap minat menabung di perbankan syariah (BSI KCP Sangatta).
Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (file research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik angket, teknik observasi dan teknik dokumentasi untuk mendapatkan beberapa data pendukung yang juga diperlukan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah BSI KCP Sangatta sebanyak 22.500 nasabah dan sampel dalam penelitian ini yaitu 100 nasabah. Untuk menganalisa data tersebut, maka penelitian menggunakan rumus regresi linier berganda SPSS.
Berdasarkan pemaparan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh persamaan regresi linier berganda yaitu Y = -1,369 + 0,252 (X1) + 0,646 (X2). Pengaruh Strategi Pemasaran (X1) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat menabung (Y) yang mana nilai signifikan nya sebesar 0,000< 0,05 dan di peroleh nilai t hitung strategi pemasaran sebesar 26,292 > dari t tabel 1,988. Berdasarkan hasil uji t, Kepuasan Nasabah (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat Menabung (X2) yang mana nilai signifikan nya sebesar 0,000 < 0,05 dan diperoleh nilai t hitung kepuasan nasabah sebesar 38,519 > dari nilai t tabel 1,988.
Dari hasil perhitungan diatas dapat di ketahui bahwa sumbangan efektif (SE) variable (X1) terhadap minat menabung (Y) adalah sebesar 51,4 %. Sementara Sumbangan Efektif (SE) variabel kepuasan nasabah (X2) terhadap minat menabung (Y) adalah sebesar 44,3 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel X1 memiliki pengaruh lebih dominan terhadap variabel Y dari pada variabel X2. Untuk total SE adalah sebesar 95,7%.
Dari hasil perhitungan diatas dapat di ketahui bahwa Sumbangan Relatif (SR) variabel strategi pemasaran (X1) terhadap minat menabung (Y) adalah sebesar 53,7%. Sementara Sumbangan Relatif (SR) variabel kepuasan nasabah (X2) terhadap minat menabung (Y) adalah sebesar 46,3%. Untuk total SR adalah sebesar 100% atau sama dengan 1.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pemasaran, kepuasan nasabah, minat menabung. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Jurusan Syariah > Ekonomi Islam |
Depositing User: | STAI Sangatta |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 04:42 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 04:42 |
URI: | http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/143 |