PENGARUH BRAND IMAGE HALAL DAN PENGGUNAAN JASA INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI KOSMETIK SOMETHINC PADA MAHASISWA STAI SANGATTA PRODI EKONOMI SYARIAH

Marfuah, Dewi Kholifatul (2024) PENGARUH BRAND IMAGE HALAL DAN PENGGUNAAN JASA INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI KOSMETIK SOMETHINC PADA MAHASISWA STAI SANGATTA PRODI EKONOMI SYARIAH. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
DEWI KHOLIFATUL MARFUAH 20.2.21.025-2.pdf - Published Version

Download (62kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN] Text (PENDAHULUAN)
DEWI KHOLIFATUL MARFUAH 20.2.21.025.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI] Text (FULL SKRIPSI)
DEWI KHOLIFATUL MARFUAH 20.2.21.025.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Dewi Kholifatul Marfuah. 20.2.21.025. Pengaruh Brand Image Halal dan Penggunaan Jasa Influencer Terhadap Minat Beli Kosmetik Somethinc pada Mahasiswa STAI Sangatta Prodi Ekonomi Syariah. Skripsi Jurusan Syariah Program Studi Ekonomi Syariah STAI Sangatta Kutai Timur. Dibimbing oleh Mustatho, M.Pd.I selaku pembimbing I dan Mukhtar, M.Pd selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image halal dan penggunaan jasa influencer terhadap minat beli kosmetik somethinc pada mahasiswa STAI Sangatta Prodi Ekonomi Syariah.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 261 Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah STAI Sangatta angkatan 2020-2023. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 62 responden.

Hasil uji Regresi Linier Berganda pada penelitian ini diperoleh nilai constant (a) sebesar 7,788. Nilai koefisien regresi brand image halal sebesar 0,216 berpengaruh positif. Nilai koefisien regresi penggunaan jasa influencer sebesar 0,675 berpengaruh positif, apabila brand image halal dan penggunaan jasa influencer mengalami peningkatan 1% maka minat beli akan meningkat.

Uji hipotesis diperoleh signifikansi brand image halal memperoleh nilai thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,956 < 2,001 dan nilai signifikansi 0,343 > 0,05. Variabel penggunaan jasa influencer memperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4,917 > 2,001 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat dinyatakan bahwa brand image halal secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat beli dan penggunaan jasa influencer secara parsial berpengaruh terhadap minat beli. Berdasarkan hasil perhitungan pada nilai fhitung > ftabel yaitu 25,749 > 2,761 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. Sehingga dapat dinyatakan Ha diterima, yang artinya bahwa variabel brand image halal (X1) dan penggunaan jasa influencer (X2) secara simultan berpengaruh terhadap variabel minat beli (Y).

Uji koefisien Determinasi diperoleh nilai nilai R Square sebesar 0,466 yang berarti penelitian ini memiliki pengaruh yang sedang atau variabel brand image halal (X1) dan penggunaan jasa influencer (X2) secara simultan berpengaruh terhadap variabel minat beli (Y) yaitu sebesar 46,6% dan sebesar 53,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Brand Image Halal, Penggunaan Jasa Influencer, Minat Beli
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Jurusan Syariah > Ekonomi Islam
Depositing User: STAI Sangatta
Date Deposited: 04 Nov 2024 20:52
Last Modified: 04 Nov 2024 20:52
URI: http://digilib.staiskutim.ac.id/id/eprint/112

Actions (login required)

View Item
View Item